Analisis SWOT dan Strategi
“PT CS2 Pola Sehat”
Oleh
HUSNUL KHATIMAH
A11115521
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS HASANUDDIN
2017
A.
Analisis SWOT
SWOT
adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan(Strengths),
kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threasts) dalam
suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk
singkatan manjadi SWOT (strengths, weaknesses, opportunities,
threats).
Berikut
SWOT PT. CS2 POLA SEHAT sebagai perusahaan responden:
a)
kekuatan(Strengths)
PT
CS2 Pola Sehat, produk minuman mereka yang terkenal dengan harga terjangkau dan
rasa yang berkualitas, menyebabkan produknya menjadi minuman nomor satu di
Makassar.
Selain
itu, perusaaan ini juga meraih penghargaan dari PEMKAB Maros sebagai perusahaan
yang membangun lingkungan, sosial atau CSR, administrasi hingga kepatuhan pajak
yang dimana perusahaan ini masuk dalam kategori pembayar pajak terbanyak di
Kab. Maros.
b)
kelemahan (weaknesses)
Tidak
mutlak dari segala kekuatannya, PT CS2 Pola Sehat juga memiliki sisi kelemahan,
yaitu dalam segi model dan desain. Jika di banding dengan produk minuman dari
perusahaan lain, teh gelas cukup jauh tertinggal pada poin desainnya. Sehingga berdampak pada rasa ketertarikan
masyarakat yang mulai melirik produk atau merek lain.
Contonya
Ale ale, Aqua, Quarter, Mountea, Milo dan sebagainya.
c)
peluang (opportunities)
·
Pelanggan yang
kuat: selain di Indonesia produk ini juga terkenal di luar negeri atau Negara
tetangga dan banyak peminatnya. Karena banyaknya peminat banyak menarik
perhatian para pengusaha Teh dari luar negeri untuk ikut berperan aktif untuk
melakukan investasi.
·
Selain palanggan
yang kaut, perusahaan PT CS2Pola Seat juga memanjakan konsumennya dengan
berbagai macam kemasan produk yang sesuai dengan kelas (conduct)
·
Selain yang di
atas, diketahui limah dari produksi teh gelas ini bisa menyuburkan tanaman, itu
dibuktikan dengan adanya 1 bidang lahan kosong yang terdapat di belakang pabrik
yang sengaja di tanami padi disekit pembuangan limbah dan ternyata padi yang
tertanam disitu subur. Sehingga itu
dapat mendorong perusahaan tersbut untuk terus berproduksi karena selain dari
prduksinya yang enak dan menyehatkan tubug ternyata limbah yang dihasilkanpun
juga memberi dampak yang positif terhadap lingkungan.
d)
Ancaman (threasts)
·
Semakin hari
semakin banyak produk produk minuman terbaru yang bermunculan sehingga
kemungkinan itu dapat menggeser peluang dalam sisi pemasaran karena sebagian
konsumen lebih memilih untuk mengkomsumsi barang terbaru tersebut.
·
Krisis global, ini
adalah kenyataan yang harus siap dihadapi kapan saja. Ketika krisis ekonomi
sedang melanda maka daya beli pasar tertentu akan melemah.
·
Kebijakan
pemerintah, ketentuan yang dibuat pemerintah kadang membuat pengaruh yang
sangat besar bagi kelangsungan industri ini seperti kenaikan harga BBM.
Meskipun banyaknya ancaman yang datang, peluang pasar
yang besar dengan tingkat kepercayaan konsumen pada produknya, maka segala bentuk
ancaman serta kelemahan yang ada pada PT CS2 Pola Sehat ini masih dapat
terkendali dengan baik.
B. Strategi
Dalam produksinya, tempat teh gelas ini di kemas dalam
bentuk kecil agar konsumen tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk hanya
sekedar menikmatinya. Sehingga banyak diminati dibanding dengan misalnya teh
botol sosro, untuk menikmati teh botol sosro konsumen mengeluarkan uang
sebanyak 5000 rupiah dan untuk menikmati teh gelas komsumen hanya mengeluarkan
uang 1000 rupiah.
Strategi pengembangan pasar, dalam menjalankan
strategi ini perusahaan mencari pasar yang belum pernah dimasuki atau tersentuh
oleh pesaing dan mencari jaringan distribusi yang bisa diandalkan.
Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!
- Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
- Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
- Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Belum ada Komentar untuk "Analisis SWOT dan Strategi PT. CS2 POLA SEHAT"
Posting Komentar
Catatan Untuk Para Jejaker