http://greponozy.com/1UfE

Analisis SWOT dan Strategi PT. CS2 POLA SEHAT

Analisis SWOT dan Strategi PT. CS2 POLA SEHAT

 
TUGAS EKONOMI INDUSTRI
Analisis SWOT dan Strategi
“PT CS2 Pola Sehat”

Oleh
HUSNUL KHATIMAH
A11115521

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS HASANUDDIN
2017



A.    Analisis SWOT
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan(Strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threasts) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk singkatan manjadi SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats).
Berikut SWOT PT. CS2 POLA SEHAT sebagai perusahaan responden:
a)       kekuatan(Strengths)
PT CS2 Pola Sehat, produk minuman mereka yang terkenal dengan harga terjangkau dan rasa yang berkualitas, menyebabkan produknya menjadi minuman nomor satu di Makassar.
Selain itu, perusaaan ini juga meraih penghargaan dari PEMKAB Maros sebagai perusahaan yang membangun lingkungan, sosial atau CSR, administrasi hingga kepatuhan pajak yang dimana perusahaan ini masuk dalam kategori pembayar pajak terbanyak di Kab. Maros.
b)      kelemahan (weaknesses)
Tidak mutlak dari segala kekuatannya, PT CS2 Pola Sehat juga memiliki sisi kelemahan, yaitu dalam segi model dan desain. Jika di banding dengan produk minuman dari perusahaan lain, teh gelas cukup jauh tertinggal pada poin desainnya.  Sehingga berdampak pada rasa ketertarikan masyarakat yang mulai melirik produk atau merek lain.
Contonya Ale ale, Aqua, Quarter, Mountea, Milo dan sebagainya.
c)      peluang (opportunities)
·         Pelanggan yang kuat: selain di Indonesia produk ini juga terkenal di luar negeri atau Negara tetangga dan banyak peminatnya. Karena banyaknya peminat banyak menarik perhatian para pengusaha Teh dari luar negeri untuk ikut berperan aktif untuk melakukan investasi.
·         Selain palanggan yang kaut, perusahaan PT CS2Pola Seat juga memanjakan konsumennya dengan berbagai macam kemasan produk yang sesuai dengan kelas (conduct)
·         Selain yang di atas, diketahui limah dari produksi teh gelas ini bisa menyuburkan tanaman, itu dibuktikan dengan adanya 1 bidang lahan kosong yang terdapat di belakang pabrik yang sengaja di tanami padi disekit pembuangan limbah dan ternyata padi yang tertanam disitu subur. Sehingga  itu dapat mendorong perusahaan tersbut untuk terus berproduksi karena selain dari prduksinya yang enak dan menyehatkan tubug ternyata limbah yang dihasilkanpun juga memberi dampak yang positif terhadap lingkungan.
d)      Ancaman  (threasts)
·         Semakin hari semakin banyak produk produk minuman terbaru yang bermunculan sehingga kemungkinan itu dapat menggeser peluang dalam sisi pemasaran karena sebagian konsumen lebih memilih untuk mengkomsumsi barang terbaru tersebut.
·         Krisis global, ini adalah kenyataan yang harus siap dihadapi kapan saja. Ketika krisis ekonomi sedang melanda maka daya beli pasar tertentu akan melemah.
·         Kebijakan pemerintah, ketentuan yang dibuat pemerintah kadang membuat pengaruh yang sangat besar bagi kelangsungan industri ini seperti kenaikan harga BBM.
Meskipun banyaknya ancaman yang datang, peluang pasar yang besar dengan tingkat kepercayaan konsumen pada produknya, maka segala bentuk ancaman serta kelemahan yang ada pada PT CS2 Pola Sehat ini masih dapat terkendali dengan baik.
B.     Strategi
Dalam produksinya, tempat teh gelas ini di kemas dalam bentuk kecil agar konsumen tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk hanya sekedar menikmatinya. Sehingga banyak diminati dibanding dengan misalnya teh botol sosro, untuk menikmati teh botol sosro konsumen mengeluarkan uang sebanyak 5000 rupiah dan untuk menikmati teh gelas komsumen hanya mengeluarkan uang 1000 rupiah.
Strategi pengembangan pasar, dalam menjalankan strategi ini perusahaan mencari pasar yang belum pernah dimasuki atau tersentuh oleh pesaing dan mencari jaringan distribusi yang bisa diandalkan.


EKONOMI

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

Belum ada Komentar untuk "Analisis SWOT dan Strategi PT. CS2 POLA SEHAT"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.