http://greponozy.com/1UfE

Inovasi Teknologi Bank BRI

Inovasi Teknologi Bank BRI
MAKALAH 
BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN NON BANK

“ INOVASI TEKNOLOGI BANK BRI”





Oleh
HUSNUL KHATIMAH
A11115521


FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS HASANUDDIN
2017



KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kepada penyusun kemudahan sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini. Tanpa pertolongan-Nya bisa saja penyusun tidak akan bisa menyelesaikannya dengan baik. Shalawat dan salam semoga terlimpah dan tercurahkan kepada baginda tercinta yaitu Nabi Muhammad SAW.
Makalah ini di susun agar pembaca bisa memperluas ilmu berkenaan “Inovasi Teknologi Bank BRI", yang penyusun sajikan berdasarkan pengamatan berasal dari beragam sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan beragam rintangan. Namun bersama dengan penuh kesabaran dan khususnya pemberian berasal dari Tuhan kelanjutannya makalah ini bisa terselesaikan.
Semoga makalah ini bisa mengimbuhkan ilmu yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini mempunyai berlebihan dan kekurangan. Penyusun membutuhkan kritik dan arahan berasal dari pembaca yang bersifat membangun. Terimakasih.


                                                                                                                                             Makassar, 12 Oktober 2017

                                                                                                                                                         Penyusun




DAFTAR ISI
SAMPUL.............................................................................................................       i
KATA PENGANTAR........................................................................................       ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................       iii
BAB 1 PENDAULUAN....................................................................................       1
            A.    LATAR BELAKANG............................................................................       1
            B.     RUMUSAN MASALAH.......................................................................       1
            C.     TUJUAN.................................................................................................       1
BAB II PEMBAHASAN...................................................................................       2
            A.    INOVASI TEKNOLOGI BANK BRI..................................................       2
BAB III PENUTUP............................................................................................       7
            A.    SIMPULAN............................................................................................       7
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................       iv
           


BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah semakin pesat dan merambah berbagai macam sektor industri. Salah satu penerapan teknologi informasi adalah sektor jasa perbankan. Berbagai bank di Indonesia menggunakan kemajuan teknologi informasi dalam mengembangkan produknya. Karena adanya persepsi bahwa Bank BRI dianggap sebagai bank pemerintah untuk nasabah menengah ke bawah dan tidak update dalam pengembangan teknologi informasi maka pada pertengahan tahun 2016 lalu Bank BRI meluncurkan satelit sendiri sehingga dapat bersaing di era yang akan datang.
Bank menyadari bahwa teknologi informasi merupakan kebutuhan mendasar untuk berkompetisi dalam dunia perbankan di era globalisasi. Kuat tidaknya dukungan teknologi informasi dapat menentukan pertumbuhan bank.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka penulis menarik suatu rumusan masalah  sebagai berikut:
1.      Apa dan bagaimana peran inovasi teknologi Bank BRI dalam memanjakan nasabahnya?
C.     Tujuan
Sejalan dengan rumusan masalah maka makalah ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui apa dan bagaimana peran inovasi teknologi  Bank BRI dalam memanjakan nasabahnya.


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Inovasi Teknologi Bank BRI
Sebelum melangkah lebih jauh kita harus tahu dan memahami pengertian dari Inovasi dan Tekonologi itu sendiri. Inovasi adalah Inovasi atau innovation berasal dari kata innovate (English) dan innovare (bahasa Latin) yang artinya membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru, dengan kata lain  Inovasi adalah penciptaan produk yang lebih baik atau lebih efektif, proses, layanan, teknologi, atau gagasan yang diterima oleh pasar, pemerintah, dan masyarakat.. sedangkan teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang - barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Jadi dapat kita katakan bahwa Inovasi Teknologi yaitu memperkenalkan sesuatu yang baru, pelayanan yang baru, dan cara-cara baru yang lebih bermanfaat dan efisien.
Semakin majunya teknologi di dalam dunia transaksi, bank BRI pun mulai menggunakan teknologi berbasis komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah. yang tadinya nasabah harus bertemu/nasabah datang ke cabang-cabang bank yang disediakan oleh bank yang di gunakan untuk menabung/infertasi menjadi lebih mudah karena bank mulai menggunakan teknologi berbasis komputer dan sekarang sudah bisa mengakses lewat internet bahkan dengan mobile “HP” dengan SMS sudah banyak diterapkan bank.
Dalam dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dalam hal ini bank BRI yang  menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa, adapun beberapa layanan yang disediakan oleh bank BRI untuk melayani nasabahnya khususnya yang berbasis teknologi.
   1)      Mobile banking yang kini telah meluncurkan aplikasi aplikasi yang mengintegrasikan e-banking BRI yang dapat di akses melalui aplikasi android BRI mobile yang merupakan bentuk baru dari pelayanan bank yang mengubah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi yang berdasarkan teknologi. Adanya mobile banking dan memberikan kemudahan bagi para nasabah bank. Nasabah BRI tak perlu lagi membuang banyak waktu dengan datang ke kantor bank. Kini dengan meng-install BRI Mobile, urusan perbankan jadi lebih efisien.
   2)      SMS banking yang merupakan fitur yang paling terbatas tapi kita dapat mengakses layanan ini tanpa internet. Jadi, cukup praktis untuk nasabah yang berada di tempat yang tidak ada layanan internetnya. dengan adanya SMS  banking. Cukup berkirim pesan, transaksi sudah bisa dilakukan.
Jenis Transaksi
Format
Contoh
Transfer ke Sesama Rekening BRI
TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi>NOMINAL <spasi> PIN
TRANSFER BRI123451234567890 500000 123456
Transfer ke Bank Lain
TRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
TRANSFER 008987654321 5000000 123456
Cara Cek Saldo SMS Banking BRI
SALDO <spasi> PIN
SALDO 123456
Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRI
BELI <spasi> PLNPRE <spasi> ID PLN <spasi> NOMINAL<spasi> PIN
BELI PLNPRE 0140087654321 200000 123456
Cara SMS Banking BRI Isi Pulsa
PULSA <spasi> HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
PULSA 08123456789 100 123456 (untuk Rp100.000)
SMS Banking dari BRI memberikan banyak kemudahan dalam melakukan transaksi. Berikut ini cara mengirimkan SMS dengan format dan mekanismenya yang dikirim ke nomor 3300

   3)      Internet Banking merupakan  salah satu layanan unggulan yang ditawarkan untuk memudahkan  nasabah bertransaksi karena tidak terikat dengan waktu, bagi nasabah ini bisa diakses dimana saja baik di PC, laptop, tablet, maupun ponsel serta di lengkapi dengan system keamanan berlapis.beberapa fitur yang ditawarkan i-banking  pada umumnya ialah :
a)      Informasi rekening dan kartu kredit yang mencakup posisi saldo, istori transaksi, maupun daftar rekening, termasuk rekening giro, deposito, tabungan rencana, dan lain lain termasuk  nasaba dapat meliat informasi kurs didalamnya.
b)      Transfer dana, baik antar bank yang bersangkutan maupun antar bank, fitur ini juga mencakup transfer terjadwal.
c)      Pembayaran, baik ituu pembayaran tagian listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce.
   4)      Adanya ATM ( Auto Teller Machine ) pengambilan uang secara cash secara 24 jam.
Auto Teller Machine atau lebih sering kita dengar dengan sebutan ATM. Ini merupakan produk bank yang sudah sangat kita kenal atau jumpai hampir disetiap tempat dan bahkan merupakan mesin kasir otomatis pengganti orang karena kita tidak perlu lagi harus mengantri panjang untuk hanya melakukan pembayaran, penarikan atau penyetoran dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.
Pengoperasian ATM dapat dilakukan melalui dua cara yaitu Onpromise yaitu terhubung dengan server dimana ATM tersebut ditempatkan. Dan Offpromise yaitu pengoperasian ATM yang menggunakan satelit khusus.Strategi pengelolaan yang dapat dilakukan ATM yaitu dilakukan sendiri atau bersama. Kalau contoh dikelola sendiri itu in house dan out sourcing. Kalau in house pasti tidak sulit kita temui.
Contohnya itu bila kita melihat dimesin ATM hanya terdapat satu nama bank saja maka itu disebut in house. Sedangkan bila kita melihat banyak nama bank pada satu mesin ATM maka itu dapat dikatakan out sourcing. Sedangkan bila stategi pengelolaan yang dikatakan bersama itu seperti joint ventura dan pihak ke-3. Keduanya memiliki arti yang hamper sama yaitu bank bergabung dengan pihak lain selain bank mereka sendiri dan membayarkan sewa pada pihak tersebut.
Akan tetapi ATM tidak akan berfungsi tanpa adanya kartu plastik ini, ini merupakan teknologi kedua dari bank. kartu plastic memiliki banyak jenis diantaranya credit card, smart card, debit card, private label card dan change card.
   5)      Call BRI atau biasa disebut Phone Banking adalah fasilitas layanan perbankan melalui telepon selama 24 jam sehari, 7 ari seminggu  yang menyediakan informasi dan transaksi perbankan. para nasabah dapat menggunakan banyak layanan elektronik yang disediakan bukan hanya internet banking saja, tetapi bisa juga menggunakan fasilitas layanan phone banking.
Phone banking ini justru lebih mempermudah dengan hanya telepon dan transaksipun sudah bisa dilakukan dengan panduan mesin penerima telepon atau melalui petugas bank yang melayani phone banking ini. Layanan ini tidak perlu menggunakan gadget sekelas smartphone, hanya menggunakan handphone yang tergolong jadul ataupun menggunakan pesawat telepon di rumah saja, kita sudah dapat menikmati layanan phone banking.Beberapa nomor akses call BRI :  14017 ( Wilayah Sumut, Pulau Jawa, NTT, NTB dan Bali) dan 021-579 87 400 ( Diluar Wil diatas) .
Phone banking makin menambah alternatif layanan bank untuk memudahkan kita melakukan transaksi perbankan seperti contohnya cek saldo tabungan ataupun mengecek tagihan kartu kreditDengan menggunakan layanan phone banking, kita tidak perlu repot untuk datang ke bank dan melakukan transaksi, kita hanya perlu menelepon dan dapat melakukan transaksi perbankan selama 24 jam. Tujuan dari pengadaan Call Banking ini ialah untuk:
§  Memberikan pelayanan yang lebih cepat dan efisien
§  Memberikan akses yang lebih luas kepada nasabah
§  Respon yang cepat atas perubahan kebutuhan nasabah
§  Meningkatkan loyalitas nasabah
Adapun informasi yang dapat dilayani oleh call BRI antara lain sebagai berikut:
§  Informasi Saldo
§  Informasi mutasi rekening
§  Permintaan salinan rekening koran melalui facsimile
§  Informasi Produk dan jasa layanan BRI
§  Informasi suku bunga, Kurs dan biaya
§  Informasi lokasi (Kanca /KCP /ATM).
§  Informasi tagihan.
Transaksi apa saja yang dapat dilakukan di Call BRI?
·         Transfer antar rekening di BRI ( BritAma-BritAma, Giro, Simpedes, Simaskot)
·         Pembayaran (Bill Payment)
·         Tagihan telpon
·         Tagihan PLN
·         Tagihan Satelindo Pasca Bayar
·         Tagihan IM3 Bright
·         Kartu Kredit BRI
·         Kartu Kredit dan KTA SCB
·         Pembelian Pulsa : a. Pulsa Simpati b. Pulsa Mentari c. Pulsa ProXL d. Pulsa IM3 Smart
   6)      Video Banking adalah teknologi yang memungkinkan aktivitas perbankan jarak jauh yang menggunakan Personal Teller Machine (PTM) dimana nasabah  dapat berinteraksi dengan teller melalui konferensi video dan juga mengecek serta melakukan lebihh dari 95% transaksi perbankan .konvensional.
   7)      T-Bank BRI
T-Bank BRI merupakan layanan hasil kerja sama antara BRI dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk, yakni layanan yang menggunakan nomor smartphone sebagai nomor rekening. Dengan mendaftar sebagai member T-Bank, nasabah dapat menikmati layanan transfer dan tarik tunai tanpa harus memiliki rekening bank.
Syarat utama untuk bisa menikmati T-Bank BRI adalah Anda harus memakai kartu SIM Telkomsel.
Beberapa kemudahan yang diberikan T-Bank BRI, antara lain isi saldo (bagi nasabah BRI) melalui e-Channel BRI, setoran tunai bisa dilakukan melalui agen branchless banking  tanpa harus datang ke kantor bank, penarikan tunai tanpa kartu di jaringan ATM BRI dan agen branchless banking, serta pengguna dapat mengakses berbagai macam fitur melalui menu USSD yang terdapat di BRI Mobile.
T-Bank juga sangat mudah digunakan. Enaknya lagi pengguna dibebaskan dari biaya administrasi bulanan. Dengan T-Bank, sebagai nasabah bisa berbelanja, tarik tunai, melakukan pembayaran, dan transfer ke berbagai macam rekening tanpa harus memiliki rekening di bank BRI.
Dengan adanya jaringan computer hubungan atau komunikasi bank dengan klien jadi lebih hemat, efisien dan cepat. Contohnya : email, teleconference. Sedangkan di rumah dapat berkomunikasi dengan pengguna lain untuk menjalin silaturahmi (chatting), dan sebagai hiburan dapat digunakan untuk bermain game online, sharing file.
.




BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Beberapa inovasi teknologi yang dikembangkan bank BRI dan perannya dalam memanjakan para nasabahnya antara lain:  a) mobile banking yang memberikan kemudahan bagi para nasabah bank BRI yang tak perlu lagi membuang banyak waktu dengan datang ke kantor bank. Kini dengan meng-install BRI Mobile, urusan perbankan jadi lebih efisienb) SMS banking yang penggunaanya cukup praktis untuk nasabah yang berada di tempat yang tidak ada layanan internetnya. Cukup berkirim pesan, transaksi sudah bisa dilakukan. c) Internet Banking merupakan  salah satu layanan unggulan yang ditawarkan untuk memudahkan  nasabah bertransaksi karena tidak terikat dengan waktu, bagi nasabah ini bisa diakses dimana saja baik di PC, laptop, tablet, maupun ponsel serta di lengkapi dengan system keamanan berlapisd) ATM yang merupakan mesin kasir otomatis pengganti orang karena nasabah tidak perlu lagi harus mengantri panjang untuk hanya melakukan pembayaran, penarikan atau penyetoran dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.ePhone  Banking yang  justru lebih mempermudah nasabah dengan hanya telepon dan transaksipun sudah bisa dilakukanf) Video Banking adalah teknologi yang memungkinkan aktivitas perbankan jarak jauh yang menggunakan Personal Teller Machine (PTM) dimana nasabah  dapat berinteraksi dengan teller melalui konferensi video dan juga mengecek serta melakukan lebihh dari 95% transaksi perbankan .konvensional. g) T-Bank BRI  nasabah dapat menikmati layanan transfer dan tarik tunai tanpa harus memiliki rekening bank.





DAFTAR PUSTAKA

Anwar, anas Iswanto “Bank dan lembaga Keuangan Bukan Bank, Penerbit Departemen Ilmu Ekonomi FEB-Universitas Hasanuddin”,2017http://slideplayer.info/slide/2439254/
https://m.kontan.co.id/news/ini-pertumbuhan-bisnis-e-channel-bri
http://bri.co.id/faq
http://creatiffiles.blogspot.co.id/2013/04/fasilitas-bank-bri.html
http://www.suara.com/bisnis/2016/02/03/214325/agen-branchless-banking-bri-di-2015-capai-50259-agen
https://www.cermati.com/artikel/phone-banking-pengertian-dan-cara-kerjanya
http://bisnis.liputan6.com/read/2931589/ini-bedanya-internet-banking-mobile-banking-dan-sms-banking
https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://id.wikipedia.org/wiki/Video_banking&ved=0ahUKEwj3iJfS6ujWAhUNSo8KHX_kBhMQFggvMAI&usg=AOvVaw09X48HS4S3CNH92YiKnl7c
https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.masbroo.com/cara-sms-banking-bri-daftar-transfer-cek-saldo.html&ved=0ahUKEwjTmIb16ujWAhVDKY8KHYa9ATgQFgg9MAU&usg=AOvVaw0kEyV3Dbtx9LNKFkODIfuY
https://www.scribd.com/mobile/doc/111139630/Makalah-Peranan-Teknologi-Informasi-Di-Dunia-Perbankan
https://www.cermati.com/artikel/bri-mobile-dan-sms-banking-bri-serta-cara-aktivasi-dan-menggunakannya
EKONOMI

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

Belum ada Komentar untuk "Inovasi Teknologi Bank BRI"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.